Anda pernah dengar upah sundulan?

Di dunia perburuhan upah sundulan adalah upah tambahan yang diberikan kepada buruh yang sudah bekerja lama supaya ada sedikt perbedaan dengan buruh yang baru bekekerja . Arti sedikit perbedaan adalah upah yang diperoleh sedikit lebih tinggi dari buruh yang baru bekerja.

Contoh : Si A sebagai buruh sudah bekerja di pabrik  selama 10 tahun dari jaman Upah Minimum masih 2 juta rupiah sampai Upah Minimum  mencapai 3,5 juta di tahun 2018 , artinya si buruh di tahun 2018 menerima upah bulanan 3,5 juta rupiah dan buruh baru yang baru diterima di tahun 2018  juga mendapatkan upah sesuai Upah Mininum tahun 2018 yakni  3,5 juta rupiah . Tentunya bisa ngamuk dong si buruh lama yang sudah bekerja selama  10 tahun , Makanya untuk pembeda dan agar si buruh lama tidak mengamuk , diberikan tambahan semisal 300 ribu rupiah sebagai pembeda dengan buruh baru sehingga si buruh yang sudah bekerja lama mendapat upah 3,8 juta rupiah per bulan , biar keliatan si buruh sudah senior dan berbeda upahnya dengan yang yunior , beda sedikit biar senang. Itulah yang disebut upah sundulan.

Di dunia kerja , hal ini juga umum terjadi.

Televisi Lama Harga Mahal Ukuran Besar , Televisi Sekarang Tipis , Ringkas dan Murah

Anda bekerja selulus kuliah jurusan akuntansi , anda mulai bekerja dengan gaji 2,5  juta rupiah di tahun 2008 dan kini setelah sepuluh tahun bekerja , di tahun 2018 anda memperoleh gaji 10 juta rupiah perbulan. Posisi anda adalah staf senior di bidang keuangan di perusahaan.  Anda memperoleh kenaikan gaji dari tahun 2008 sampai 2018 melalui kenaikan gaji rutin tahunan yang berkisar 10 persen per tahun dan kenaikan gaji karena kenaikan posisi di perusahaan.

Perusahaan merekrut staf baru yang berlatar belakang pendidikan akuntansi dan baru punya pengalaman bekerja 2 tahun dan memberikan gaji 8 juta rupiah start pertama kali masuk.

Bayangkan selisih gaji anda yang sudah berjuang 10 tahun diperusahaan dengan memperoleh 10 juta rupiah per bulan hanya lebih besar 2 juta rupiah dibandingkan anak baru yang hanya berpengalaman 2 tahun kerja selulus kuliah memperoleh 8 juta rupiah per bulan sebagai gaji pertama kali bekerja di perusahaan tempat anda berkarir.  Terlalu dekat bukan selisihnya dibandingkan masa kerja anda yang sudah 10 tahun bekerja selulus kuliah dibandingkan anak baru yang baru berpengalaman 2 tahun bekerja selulus kuliah ?

Bayangkan anak baru kalau setahun kemudian mengalami kenaikan gaji 10 persen dari 8 juta rupiah mejadi 8,8 juta rupiah , kenaikannya adalah 800 ribu rupiah.

Dahulu anda start bekerja dengan gaji 2,5 juta rupiah per bulan dan mendapatkan kenaikan gaji tahunan 10 persen hanya mendapatkan tambahan 250 ribu rupiah saja.

Alamak betapa tidak adilnya perusahaan bukan ?

Tapi itulah kenyataan hidup yang terjadi saat ini.

Anda mau bekerja di bidang pemasaran , bekerja di bidang teknik, bekerja di bidang keuangan, bekerja di bidang akuntansi,bekerja di bidang per hotelan , bekerja di bidang apapun , selisih gaji anda sebagai orang lama dengan orang baru pasti sangat dekat .

Ini yang disebut kenyataan pahit di dunia kerja. Anak kemarin sore mendapatkan income hampir sebesar anda yang sudah senior bahkna jangan jangan sama besar atau melebihi anda , padahal posisinya dibawah anda.

Sudah berbahagiakah anda saat ini ?

Jika anda belum berbahagia , tanpa meninggalkan pekerjaan anda dan gaji yang anda peroleh saat ini dan masih anda butuhkan saat ini , anda dapat memiliki penghasilan tambahan yang seiring waktu anda membesar dan di satu waktu penghasilan tambahan ini akan menyamai penghasilan yang anda peroleh dari pekerjaan dan karir anda dan seiring waktu akan jauh melebihi penghasilan dari pekerjaan dan karir anda.  Hebatnya lagi anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan anda sama sekali , tidak ada waktu kerja anda yang terganggu sama sekali.

Kalau anda mau melepaskan kacamata kuda anda sebagai karyawan , berani berinvestasi hanya Rp 10 juta satu kali saja seumur hidup dan pasti memperoleh penghasilan Rp 100 juta rupiah setiap bulan secara rutin , anda dapat menghubungi :

Anda bisa hubungi :

Whatsapp  : 0897 3346 698

Line : berbahagia.com

Email : bahagia@berbahagia.com

http://www.berbahagia.com

Mau tahu apa itu berbahagia.com , silahkan klik ke :

https://berbahagia.com/tentang-berbahagia-com/

Baca juga artikel lain :

https://berbahagia.com/2018/11/11/berapa-harga-diri-anda-sebagai-karyawan-mari-kita-hitung-harga-diri-karyawan/

https://berbahagia.com/2018/08/27/anda-bekerja-mati-matian-untuk-perusahaan-apakah-peranan-anda-dan-kehadiran-anda-dihargai-di-perusahaaan-tempat-anda-bekerja-sekarang/

https://berbahagia.com/2018/08/20/selisih-gaji-orang-lama-dengan-orang-baru-terlalu-dekat/

https://berbahagia.com/2018/08/13/bekerja-keras-tidak-kunjung-naik-pangkat-karena-posisi-sudah-mentok-tambah-hari-tambah-suntuk/

https://berbahagia.com/2018/08/09/gaji-anda-sekarang-mampu-beli-rumah-nga/

https://berbahagia.com/2018/08/03/jadi-karyawan-bisa-cuti-kerja-lebih-dari-12-hari-tidak-dalam-setahun/

https://berbahagia.com/2018/09/22/tua-di-jalan-penghasilan-pas-pas-an/

https://berbahagia.com/2018/08/03/karyawan-kerja-keras-bos-yang-beli-mobil-mercedes-baru/

 

 

Advertisements