Anda investasi properti .  Anda mengalami kondisi properti anda nilainya makin menurun.

Anda sewakan  properti anda harga sewa turun.  Anda jual properti anda  juga harga jual properti turun.

Syukur kalau properti anda bisa tersewakan. Syukur kalau properti anda bisa terjual.

Masalah yang terjadi sekarang adalah properti anda mau disewakan saja tidak ada yang mau .

Masalah yang terjadi sekarang adalah properti anda mau dijual , tidak ada yang menawar.

Hari ini punya kios di pusat grosir atau pusat perdagangan , kalau kios tersebut anda jual apakah harga jual kios tersebut tinggi harga jualnya atau jauh lebih rendah dibanding tahun 2014 ?

Hari ini punya kios di pusat grosir atau pusat perdagangan , kalau kios tersebut anda sewakan , apakah harga sewa kios tersebut tinggi harga sewanya atau jauh lebih rendah dibanding tahun 2014?

Saya punya teman yang memiliki puluhan kios di pusat grosir terbesar di asia tenggara , tapi saat ini 70 persen dari  kios yang dimiliki kosong dan tidak tersewakan karena tidak ada yang mau menyewa .  Sedangan biaya service charge kios harus dibayar setiap bulan untuk kios kios yang kosong tersebut.

Sialnya kios kios kosong teman saya tersebut dijual pun tidak ada yang menawar , walaupun harga jualnya sudah dibawah harga pasar.

Investasi paling merugikan adalah investasi kios di pusat grosir atau pusat perdagangan , karena beralihnya pembeli ke online membuat harga kios di pusat grosir atau pusat perdagangan menurun nilainya .

Lebih sial lagi jika anda punya properti kios tapi suratnya bukan Hak Guna Bangunan , tapi hanya Surat Hak Pakai .  Sudah properti anda tidak laku disewakan , karena statusnya Hak Pakai , kios tersebut tidak dapat anda jaminkan ke bank untuk memperoleh pinjaman.

Hari ini anda punya properti ruko , bisa jadi properti ruko anda menurun nilainya karena mendadak di tengah tengah jalan yang ada di depan ruko anda muncul jalan layang yang membelah jalanan depan ruko anda.  Jalanan depan ruko anda menjadi sempit , ruang parkir menjadi berkurang , jalanan depan ruko anda yang bertambah sempit menjadi macet dan parkir menjadi susah. Pembeli menjadi berkurang dan bahkan fengshui ruko anda menjadi hancur jika dipandang dari kacama mata fengshui karena ada jalan layang yang membelah jalanan di depan ruko anda itu ibarat pisau yang membelah .Lebih sial lagi jika ada tiang jalan layang yang tepat berhadapan dan pintu ruko anda karena dipandang dari kacamata fengshui itu artinya rejeki sudah diblok untuk sampai ke anda di ruko tersebut.

Tanpa ada jalan layang pun , jumlah ruko sudah berlimpah dan melebihi jumlah peminat yang berminat membeli , menyewa dan membuka usaha di ruko ruko yang berlimpah.

Alhasil ruko ruko tersebut termasuk ruko milik anda menjadi kosong .  Sialnya , ruko kosong tersebut juga ditolak oleh bank saat anda menjaminkan ruko tersebut untuk memperoleh pinjaman.

Bukankah hari ini kondisinya seperti itu ?

Anda punya properti apartemen , anda salah membeli dan membeli di wilayah yang jarang dihuni orang bule atau orang jepang , sehingga apartemen anda kosong , nilainya juga menurun kalau dijual , sedangkan biaya service charge dan biaya perawatan yang jumlahnya jutaan rupiah harus anda bayar setiap bulan.  Lebih sakit kepala lagi , anda tidak dapat menjaminkan apartemen anda ke bank untuk memperoleh pinjaman karena anda membeli dari developer aparemen yang sampai bertahun tahun masih belum menerbitkan sertifikat HGB Apartemen tersebut walaupun serah terima sudah dilakukan bertahun tahun yang lalu sehingga anda hanya memegang PPJB yang tidak memiliki kekuatan hukum kepemilikian untuk menjadi dasar jaminan untuk memperoleh pinjaman di bank.

Anda punya rumah untuk investasi , sayangnya hari ini rumah yang menjadi investasi anda berada dikawasan elit , ada beberapa pemilik rumah di kawasan elit yang lagi BU alias butuh uang karena bisnis mereka bangkrut , mereka menjual rumah mereka yang tipe nya sama dengan tipe anda dengan harga murah. Jika tipe yang anda miliki dahulu kalau dijual bisa dijual dengan harga 10 milyar rupiah , tapi karena ada beberapa tetangga anda yang Butuh Uang menjual dengan harga 7 milyar rupiah , maka terjadi acuan harga baru yakni rumah anda sekarang mejadi 7 milyar rupiah juga.  Anda sakit kepala bukan , karena kalau anda mau jaminkan ke bank , otomatis penilai dari bank tidak akan memberikan harga 10 milyar lagi ke rumah anda tapi mengikuti tren baru hanya menjadi 7 milyar rupiah.  Yang bikin lebih sakit kepala PBB yang harus anda bayar tidak mengikuti penurunan harga rumah anda , tapi malah naik dan bisa mencapai kenaikan 100 persen setiap tahun .

 

Sudah berbahagiakah anda saat ini ?

Jika anda belum berbahagia , tanpa meninggalkan pekerjaan anda dan gaji yang anda peroleh saat ini dan masih anda butuhkan saat ini , anda dapat memiliki penghasilan tambahan yang seiring waktu anda membesar dan di satu waktu penghasilan tambahan ini akan menyamai penghasilan yang anda peroleh dari pekerjaan dan karir anda dan seiring waktu akan jauh melebihi penghasilan dari pekerjaan dan karir anda.  Hebatnya lagi anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan anda sama sekali , tidak ada waktu kerja anda yang terganggu sama sekali.

Di era pandemi covid-19 ini ,  bagaimana hidup anda dalam 3 tahun ke depan ?  Apa yang anda inginkan dalam 3 tahun ke depan ?  Anda masih yakin impian hidup anda akan tercapai dalam 3 tahun ke depan ?

Anda bisa hubungi :

Whatsapp  : 0897 3346 698

Line : berbahagia.com

Email : bahagia@berbahagia.com

http://www.berbahagia.com

Mau tahu apa itu berbahagia.com , silahkan klik ke :

https://berbahagia.com/tentang-berbahagia-com/