Memaksakan Diri Membeli Rumah Membuat Masa Depan Suram

Anda tentunya hidup dengan prinsip setelah lulus , harus bisa mencari uang dan kalau sudah bisa mencari uang , harus bisa membeli rumah.. Karena rumah adalah simbol kemapanan hidup sebagai orang dewasa dan simbol tanggung jawab kalau mau berumah tangga bagi cowok.

Faktanya banyak yang gajinya masih pas pasan , memaksakan diri mencicil rumah padahal hidupnya masih sebagai karyawan yang belum memiliki jabatan berarti dan masa depan perusahaan tempatnya bekerja juga belum tentu bisa lebih lama dari masa cicilan rumahnya.

@andsistertex

Balas @rereuno hanya untuk orng yg belom siap cicil rumah

♬ Unstoppable – Sia

Beban cicilan ini membuat si karyawan menjadi kehilangan impian dan mimpi hidupnya dan terpaksa bekerja keras untuk mencari uang untuk mencukupi kebutuhan hidup dan membayar ciclan hutang properti.

Padahal komponen terbesar cicilan itu adalah bunga cicilan , bukan pokok harga rumah .

Mau menikmati hidup pun terpaksa ditunda karena harus membayar cicilan rumah , mau merayakan sukses sukses kecil pun terpaksa tidak dilakukan karena harus membayar cicilan rumah.

Belum lagi kalau rumah yang dibeli jauh dari tempat kerja sehingga waktu tersita untuk perjalanan pulang pergi . Karena stress dengan lingkungan kerja yang toxic , stress dengan kemacetan jalan pulang pergi kantor , stress dengan harus bangun pagi dan pulang malam untuk bekerja mencari uang buat biaya hidup dan membayar cicilan rumah , maka sering terjadi pertengkaran dengan pasangan dan bahkan parahnya pertengkaran dan stress itu berujung ke perceraian karena sress membuat impoten , sering emosi dan endingnya pasangan tidak tahun dan minta cerai,. Gara gara memaksakan diri membeli rumah.

Diajak teman untuk nongkrong ditolak karena tidak punya waktu dan tidak punya budget untuk nongkrong padahal dengan nongkrong dengan teman mungkin dapat bertukar ide tentang peluang kerja , peluang bisnis , bahkan diajak join berbisnis.

Diajak join bisnis pun menolak karena tidak punya dana lebih karena dana terkuras untuk membayar cicilan rumah.

Stress dengan lingkungan kerja yang toxic tapi tetap bertahan karena takut melamar pekerjaan dan kehilangan pekerjaan sekarang yang memberikan penghasilan untuk membayar biaya hidup dan membayar cicilan rumah.

Gara gara cicilan rumah , semua reseiko kehidupan tidak berani diambil seperti pindah kerja , mencoba berbisnis.

@andsistertex

Ini yg terjadi ketika kita maksa nyicil rumah#cicilrumah

♬ She Share Story (for Vlog) – 山口夕依

Gara gara cicilan rumah , tidak punya waktu untuk bergaul padahal menambah teman baru itu sebenarnya membuka peluang hidup baru.

Bahkan gaga gara ciclan rumah jadi pelit, kurang bersedekah , tidak memberikan uang ke orang tua , saudara yang membutuhkan.

Nah , jadi anda masih percaya kalau membeli rumah itu masa depan cerah ?

KIRIM WHATSAPP KE KAMI!

Whatsapp : 082187328732

AYAH ADALAH PENCARI NAFKAH UTAMA DAN TULANG PUNGGUNG KELUARGA SAMPAI TIDAK PUNYA WAKTU UNTUK ANAK

Fakta kehidupan bahwa seorang ayah pasti akan bekerja keras untuk membahagiakan anaknya yakni giat mencari nafkah supaya uang yang diperoleh banyak untuk membahagiakan anaknya . Masalahnya semakin giat mencari nafkah , maka semakin tidak ada waktu untuk anaknya. Inilah dilema kehidupan , hidup butuh uang dan membahagiakan anak butuh uang , namun untuk memperoleh uang tersebut , si ayah harus menukarkan waktunya dengan tenaga dan pikirannya . Jadi masa masa emas pertumbuhan anak tidak ditemanin oleh si ayah yang sibuk mencari uang.

@edyjaputra

Celebrate My daughter 5th bday .. so i ask her to date, so when she grow up she knew dad is my first date 😊😊😅😅 and when she find a man she already know the standart #date #daughterbday #prouddaddy #family

♬ original sound – Edy Japutra – Edy Japutra

Beriikut adalah kisah seorang anak yang sampai harus membeli waktu ayahnya supaya bisa ditemanin ayahnya dan bermain bersama ayahnya .

Seorang Ayah yang tinggal di pinggiran Jakarta dan bekerja di pusat kota Jakarta . Setiap pagi si Ayah harus sudah berada di balik kemudi sebelum jam 6 pagi untuk menghindari macet dan menghindari genap ganjil di pintu masuk tol . Si Anak masih terlelap tidur saat si Ayah berangkat kerja dan si Ayah biasanya sampai di rumah rata rata jam 9  malam saat si Anak sudah tidur.  Hal demikian dilakukan si Ayah dari Senin sampai Jumat dan si Ayah juga ngantor pada hari Sabtu walaupun hanya setengah hari tapi si Ayah tetap berangkat pagi pagi di hari Sabtu dan pulang jam 6 sore di hari Sabtu.

Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul  9 malam. Seperti hari-hari sebelumnya, hari itu  sangat melelahkan baginya. Sesampainya di rumah ia mendapati anaknya yang berusia 8 tahun yang duduk di kelas 3 SD sudah menunggunya di depan pintu rumah. Sepertinya ia sudah menunggu lama.

“Kok belum tidur?” sapa sang Ayah pada anaknya.

Biasanya si anak sudah lelap ketika ia pulang kerja,  dan masih tidur  ketika ia akan bersiap berangkat ke kantor di pagi hari.

Aku menunggu Papa pulang, karena aku mau tanya berapa sih gaji Papa?”, kata sang anak.

Lho, tumben, kok nanya gaji Papa segala? Kamu mau minta  uang lagi ya?”, jawab sang ayah.

Ah, nggak pa, aku sekedar..pengin tahu aja…” kata anaknya.

Oke, kamu boleh hitung sendiri.  Gaji Papa kalau dihitung per hari adalah Rp.  800 ribu . Setiap hari Papa bekerja sekitar 10 jam  . Setiap bulan  rata-rata dihitung 25 hari kerja. Jadi gaji Papa satu bulan berapa, hayo?!”, tanya sang ayah.

Si anak kemudian berlari mengambil kertas dari meja belajar sementara Ayahnya melepas sepatu dan mengambil minuman.

Ketika sang Ayah ke kamar untuk berganti pakaian, sang anak mengikutinya.

Jadi kalau satu hari Papa dibayar Rp 800.000 utuk 10 jam, berarti satu jam Papa digaji Rp 80.000 per jam dong!”

Kamu pinter, sekarang tidur ya..sudah malam!”

Tapi sang anak tidak mau beranjak. “Papa, aku boleh pinjam uang Rp 20.000 nggak?”

Sudah malam nak, buat apa minta uang malam-malam begini. Sudah, besok pagi saja. Sekarang kamu tidur”

Tapi papa..”

Sudah, sekarang tidur” suara sang Ayah mulai meninggi.

Anak kecil itu berbalik menuju kamarnya.

Sang Ayah tampak menyesali ucapannya. Tak lama kemudian ia menghampiri anaknya di kamar. Anak itu sedang terisak-isak sambil memegang uang Rp 60.000.

Sambil mengelus kepala sang anak, Papanya berkata  “Maafin Papa ya! Kenapa kamu minta uang malam-malam begini.. Besok kan masih bisa. Jangankan Rp.20.000, lebih dari itu  juga boleh. Kamu mau pakai buat beli mainan khan?”

“Papa, aku ngga minta uang. Aku pinjam…nanti aku kembalikan kalau sudah menabung lagi dari uang jajanku.”

Iya..iya..tapi buat apa??” tanya sang Papa.

“Aku menunggu Papa pulang hari ini dari jam 7 malam. Aku mau ajak Papa main ular tangga. Satu jam saja pa, aku mohon. Mama sering bilang, kalau waktu Papa itu sangat berharga. Jadi aku mau beli waktu Papa. Aku buka tabunganku, tapi cuma ada uang Rp 60.000. Tadi Papa bilang, untuk satu jam Papa dibayar Rp 80.000.. Karena uang tabunganku hanya Rp.60.000,- dan itu tidak cukup, aku mau pinjam Rp 20.000 dari Papa” .

Sang Papa cuma terdiam.

Ia kehilangan kata-kata. Ia pun memeluk erat anak kecil itu sambil menangis. Mendengar perkataan anaknya, sang Papa langsung terdiam, ia seketika terenyuh, kehilangan kata-kata dan menangis.

Ia lalu segera merangkul sang anak yang disayanginya itu sambil menangis dan minta maaf pada sang anak..

“Maafkan Papa sayang…” ujar sang Papa.

Papa telah khilaf, selama ini Papa lupa untuk apa Papa  bekerja keras. Maafkan Papa anakku” kata sang Papa ditengah suara tangisnya.

Si anak hanya diam membisu dalam dekapan sang Papanya.

Ini adalah potret kehidupan sehari hari kita di kota Jakarta . Cari duit mati matian untuk keluarga. Tapi saat si anak dari kecil tumbuh dan menjadi remaja , kita tidak punya waktu untuk menemaninya.  Golden moment kebersamaaan dengan anak terlewati dan saat anda pensiun dan sudah punya waktu, si anak sudah keburu remaja dan sudah tidak mau berpergian bersama orang tuanya lagi karena sudah memiliki teman teman seusia dalam pergaulannya.

Sudah berbahagiakah anda dengan rutinitas kerja anda selama ini ?

KIRIM WHATSAPP KE KAMI!

Whatsapp : 082187328732

SELAMAT DATANG MASA DEPAN

*Tulisan Ignasius Jonan mantan menteri SDM  tentang prediksi masa depan.*  *Kondisi tentang masa depan itu bukan “akan terjadi”. Tapi sedang terjadi.*  *Di Jakarta misalnya, PLN berencana akan membuat 1143 SPLU, Stasiun Pengisian Listrik Umum. Peluncuran ini untuk menyambut  kendaraan berbasis listrik secara massal di Indonesia.*

*Prediksi yg terjadi :*

*1.*   *Bengkel perbaikan kendaraan akan hilang.*

*2.*   * Kendaraan yg menggunakan bensin/ solar memiliki 20.000 bagian bergerak.* *Kendaraan listrik hanya memiliki 20 bagian bergerak.* 

*4.*   *Mobil listrik yg gagal fungsi  ditunjukkan oleh lampu yg menyala, lalu anda akan pergi ke tempat yang menyerupai tempat cuci mobil, dan mobil akan ditarik sementara anda ngopi dan baterai mobil akan diganti dengan yg baru.*

*5.*   *SPBU  akan hilang.*

*6.*   *Meter parkir akan diganti oleh dispenser listrik.* 

*Banyak perusahaan akan memasang stasiun isi ulang listrik*

*7.*  *Kebanyakan pabrik kendaraan (yang cerdas telah mengalokasikan uangnya)  membangun pabrik  mobil listrik.*

*8.*  *Industri batu bara akan hilang.* 

*Perusahaan minyak dan gas akan hilang. Pengeboran minyak akan hilang.  selamat tinggal kepada OPEC.*

*9.*   *Rumah2 akan menghasilkan dan menyimpan energi listrik di siang hari dan akan menggunakan serta menjualnya listriknya ke grid.* 

*Grid akan menyimpan dan menyalurkannya ke industri yg banyak menggunakan listrik. Apakah anda sudah melihat atap Tesla?*

*10.*   *Masa depan mendekati kita lebih cepat daripada yg kita kira.*

*11.* *Di tahun 1998 Kodak punya 170.000 pegawai dan menjual 85% foto kertas di seluruh dunia.*

*Hanya dalam beberapa tahun model bisnis mereka hilang dan bangkrut. Siapa yg mengira itu akan terjadi?*

*12.*   *Apa yg terjadi pada Kodak dan Polaroid akan terjadi di kebanyakan industri dalam 5-10 tahun yg akan datang*

*13.*  *Apakah pada tahun 1998 anda mengira bahwa 3 tahun setelahnya tidak akan pernah lagi ada foto menggunakan film?. Dengan gadget, siapa yg masih memiliki kamera dgn film?.*

*14.*  *Kamera digital ditemukan tahun 1975. Barang pertama hanya memiliki 10.000 piksel, tetapi mengikuti hukum Moore.* 

*Dgn perkembangan teknologi yg eksponensial, barang yg semula mengecewakan menjadi super dan menjadi mainstream dalam waktu singkat.*

*15.*  *Hal itu terjadi lagi (tapi jauh lebih cepat) dgn kecerdasan buatan (artificial intelligence), kesehatan, kendaraan listrik, pendidikan, pencetakan 3D, agrikultur dan lapangan pekerjaan.*

*16.*  *Lupakan buku ‘Kejutan Masa Depan’,  sambutlah Revolusi Industri keempat.*

*17.*   *Software telah dan akan terus mengacaukan banyak industri tradisional dlm 5-10 tahun mendatang.*

*18.*  *Uber (seperti halnya Gojek di Indonesia) hanya piranti software, mereka tidak memiliki mobil, tapi sekarang mereka adalah perusahaan taksi terbesar di dunia! Supir taksi tidak  mengira hal itu akan terjadi.*

*19.*   *Airbnb sekarang adalah perusahaan hotel terbesar di dunia, walaupun mereka tidak memiliki properti apapun.* 

*Tanyakan pada hotel Hilton apakah dulu mereka mengira hal itu akan terjadi.*

*20.*   *Artificial Intelligence: komputer akan menjadi lebih baik secara eksponensial.* 

*Tahun ini, komputer mengalahkan pemain game terbaik di dunia, 10 tahun lebih cepat daripada yg diperkirakan*

*21.*  *Di USA, pengacara muda sudah tidak punya pekerjaan.* 

*Berkat Watson IBM, anda bisa memperoleh nasehat hukum dalam hitungan detik (untuk hal-hal dasar), dgn akurasi 90% dibandingkan 70% akurasi bila dilakukan manusia.* 

*Jadi jika anda belajar hukum, berhentilah segera.* *Kebutuhan pengacara akan berkurang 90%, hanya spesialis serba tahu yg masih bisa bertahan.*

*22.*   *Watson IBM telah membantu dokter mendiagnosa kanker, 4 kali lebih akurat dibandingkan dokter manusia.*

23. *Facebook sekarang memiliki software pengenal pola yg dapat mengenali wajah jauh lebih baik daripada manusia.* *Pada tahun 2030 komputer akan lebih cerdas dari manusia.*

*24*   *Kendaraan otomotif: Pada tahun 2018 mobil tanpa supir pertama sudah muncul.*

*Dalam waktu 2 tahun ke depan seluruh industri akan dikacaukan.* 

*Anda tidak perlu supir lagi karena anda akan memanggil mobil dgn telepon , mobil itu akan muncul di lokasi, dan mengantarkan anda ke tempat tujuan.* 

*Tidak perlu bingung memarkir mobil itu, anda hanya akan membayar jarak tempuh dan anda dapat tetap produktif selama naik mobil.* *Anak-anak  tak perlu punya sim dan tak perlu memiliki mobil lagi.

*26.*   *Hal itu akan mengubah kota kota kita, karena kita hanya perlu mobil 90-95% lebih sedikit.  Lahan parkir bisa jadi taman kota.*

*27.*   *Sekitar 1,2 juta orang meninggal karena kecelakaan tiap tahun, termasuk yg disebabkan berkendara sambil mabuk.*

*Sekarang kita memiliki satu kecelakaan tiap 60.000 mil;*  *Nanti dgn kendaraan tanpa supir angka itu akan turun menjadi 1 kecelakaan tiap 6 juta mil. Ini akan menyelamatkan jutaan nyawa tiap tahunnya.*

*28.*  *Kebanyakan perusahaan mobil tak diragukan lagi akan menjadi bangkrut.*

*Perusahaan mobil tradisional hanya mencoba pendekatan evolusioner dan hanya berusaha membuat mobil yg lebih baik, sementara perusahaan teknologi (Tesla, Apple, Google) melakukan pendekatan revolusioner dan membangun komputer di atas roda.*

*29.*   *Lihat apa yg dilakukan Volvo sekarang; tidak ada lagi mesin pembakaran internal di kendaraan mereka mulai tahun ini untuk model 2019, semua menggunakan listrik atau hybrid, dgn maksud nantinya akan melenyapkan model2 hybrid.*

*28.*   *Banyak ahli-ahli teknik di Volkswagen dan Audi takut terhadap Tesla, dan memang seharusnya begitu.* 

*Lihat semua perusahaan yg menawarkan mobil listrik. Beberapa tahun lalu keberadaan mereka belum ada*

*29.*   *Perusahaan asuransi mobil akan mengalami kesulitan masif; tanpa kecelakaan, biaya akan menjadi lebih murah. Model bisnis asuransi mobil akan hilang.*

*30.*  *Real estate akan berubah. Jika orang bisa bekerja pulang-pergi, mereka akan tinggal di tempat yg jauh untuk hidup di lingkungan yg lebih terjangkau dan lebih menyenangkan.*

*31.*   *Mobil listrik akan menjadi mainstream pada tahun 2030 an.* *Kota menjadi tidak berisik karena semua mobil baru akan menggunakan listrik.*

*32.*   *Kota juga akan memiliki udara yg lebih bersih.*

*33.*   *Listrik akan menjadi sangat murah dan bersih.*

*34.*   *Produksi listrik tenaga surya telah mengalami kurva pengembangan eksponensial selama 30 tahun, tetapi sekarang perkembangan itu sedang dipacu lebih kencang lagi.*

*35.*   *Perusahaan energi fosil sedang berusaha mati2an membatasi akses ke grid utk mencegah munculnya pesaing dgn instalasi listrik tenaga surya di rumah-rumah, tetapi upaya itu tidak akan bisa berlanjut – teknologi tidak akan bisa dibendung.*

*36.*   *Kesehatan: Harga Tricorder X akan diumumkan tahun ini.* 

*37.*  *TV dan Koran akan  mati dgn sendirinya,  siapa yg sekarang baca koran atau siapa yg sekarang melihat TV ? Hanya sebagian kecil orang-orang diatas 50 tahun. Millenial  beralih ke Youtube dan sejenisnya lebih cepat.*

*38.*   *Layanan Perbankan dan Ticketing sudah  swa Mandiri  tidak perlu Customer Service atau Teller akan ada jutaaan profesi pekerjaan yg hilang 10-20 tahun kedepan.* *Sudah siapkah kita Banyak perusahaan akan membuat perangkat medikal (yg disebut ‘Tricorder’ dalam film Star Trek) yg bekerja dgn telepon anda, yg akan memindai retina anda, sampel darah anda, dan napas anda.* 

*Lalu dia akan menganalisa 54 bio-marker yg akan meng identifikasi hampir  semua jenis penyakit. Saat ini sudah terdapat lusinan aplikasi telepon untuk tujuan kesehatan.*

*Inilah keadaan MASA DEPAN !*

Persiapkanlah diri anda dari revolusi teknologi yang sangat cepat ini .

Hidup anda anda yang menentukan.  Kalau anda mau bertanya bagaimana pensiun bahagia anda dapat menghubungi :

Yan – Asuransi Allianz

Whatsapp : 0821 8732 8732

Email : bahagia@berbahagia.com

http://www.berbahagia.com

TAHUN 2020 ADALAH TAHUN YANG HILANG DALAM KEHIDUPAN KITA

Di tahun 2020 ini banyak rencana hidup kita yang tidak bisa kita jalankan .

Di tahun 2020 ini banyak hal hal sukacita yang kita tidak bisa nikmati karena kita tidak bisa melakukan pesta nikah , tidak bisa melakukan pesta ulang tahun , tidak bisa pulang kampung berkumpul dengan keluarga, tidak bisa merayakan hari raya dengan berkumpul bersama saudara saudara dan orang tua , tidak bisa melakukan wisata terutama wisata ke luar negeri untuk menghilangkan stress, tidak bisa merayakan kelulusan dengan berkumpul bersama teman teman , tidak bisa berkumpul dan reuni dengan teman teman, dan 101 hal hal sukacita yang tidak bisa kita lakukan di tahun 2020 .

Di tahun 2020 ini kita banyak yang manyun ,yang cemberut , yang pasrah karena penghasilan menurun . Yang jadi karyawan banyak yang dipotong gajinya antara 20 persen sampai yang paling parah 90 persen .

Di tahun 2020 banyak karyawan yang di PHK dan dirumahkan alias tidak digaji karena perusahaan tempatnya bekerja terpengaruh langsung efek pandemi covid 19.

Di tahun 2020 banyak pebisnis yang gulung tikar alias bangkrut , banyak pebisnis yang asetnya disita bank karena kredit macet , banyak pebisnis yang terjerat hutang dan berurusan dengan kasus hukum karena hutang yang timbul untuk membiayai bisnis yang tidak bisa dibayar.

Di tahun 2020 banyak yang kehilangan tabungan karena dana yang disimpan untuk tabungan hari tua di asuransi , di koperasi banyak yang tertahan , tidak bisa dikembalikan dan kalaupun dikembalikan dicicil seiprit demi seiprit sampai puluhan tahun.

Di tahun 2020 banyak yang kehilangan uang karena terjebak permainan piramida money game dengan iming iming keuntungan sampai 30 persen per bulan. Disaat lagi terjepit kondisi ekonomi, banyak yang akal sehatnya kalah oleh rasa serakah dan akhirnya kena zonk dan dana yang diinvestasikan lenyap tak berbekas.

Di tahun 2020 banyak yang mengalami duka karena anggota keluarga terkena covid 19 , banyak yang mengalami sakit yang bertambah parah karena menahan diri ke rumah sakit karena takut dengan pandemi covid 19.

Di tahun 2020 banyak yang stress dan depresi karena omzet menurun , laba turun bahkan rugi, gaji menurun , harus lebih banyak berdiam di rumah.

Di tahun 2020 , banyak manusia extrovert yang senang bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia harus berubah menjadi introvert dan menahan diri bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia.

Di tahun 2020 banyak yang harus merubah pola hidup dari melakukan konsumsi karena keinginan berubah menjadi melakukan konsumsi karena kebutuhan dikarenakan penghasilan menurun bahkan menurun drastis.

Di tahun 2020 banyak yang profesi pekerjaannya keren seperti pilot , pramugari, manajer hotel , manajer biro perjalanan wisata, manajer tempat wisata, manajer restoran , pemandu wisata yang harus beralih profesi melakukan pekerjaan atau bisnis yang jauh dari gengsi profesi mereka demi bertahan hidup.

Karena saking banyaknya hal hal normal yang tidak bisa dilakukan di tahun 2020 maka banyak harapan di awal tahun 2020 menjadi tidak tercapai , terbengkalai, tidak dapat dilakukan dan bahkan dibandingkan dengan tahun 2019 , tahun 2020 adalah tahun kemunduran dalam kehidupan bagi banyak orang.

Tahun 2020 disebut tahun yang hilang . Tahun 2020 adalah tahun yang tidak pernah ada dalam kehidupan kita, tahun yang ingin kita lupakan karena kita lebih banyak membaca berita berita negatif dan memperoleh berita berita negatif daripada berita berita positif. Lelah mental jauh lebih tinggi di tahun 2020 ini dibandingkan tahun manapun dalam kehidupan yang sudah kita jalani.

Pertanyaannya adalah apa yang anda akan lakukan di tahun 2021 ?

Bagi anda yang dipotong gajinya , apakah anda hanya pasrah dan tidak melakukan sesuatu diluar pekerjaan anda saat ini untuk memperbaiki penghasilan anda ?

Bagi anda yang di PHK dan dirumahkan , apakah anda hanya pasrah melakukan hal yang menghasilkan uang untuk sekedar bertahan hidup saja dan tidak mencari terobosan untuk memperoleh penghasilan yang sama besar dengan saat anda masih bekerja bahkan lebih besar lagi penghasilan daripada saat anda masih bekerja ?

Bagi anda yang bisnisnya menurun omzetnya dan labanya , apakah anda hanya pasrah nongkrongin bisnis anda yang makin hari makin suram dan tidak melakukan sesuatu yang menghasilkan uang yang bisa menutupi penurunan laba bisnis anda , bahkan menggantikan laba bisnis anda ?

Bagi anda yang bisnisnya bangkrut dan gulung tikar, apakah anda hanya pasrah melakukan hal hal yang sekedar menutupsi biaya hidup seperti menjadi karyawan , padahal jiwa anda adalah jiwa pebisnis yang selalu bebas waktu ? Tidakkah terpikir oleh anda untuk melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan lebih besar daripada sekedar bertahan hidup ?

Tahun 2021 akan segera kita jalani .

Tentukan pilihan hidup yang akan anda jalani .

Salah memilih , maka tahun 2021 akan menjadi tahun yang hilang juga bagi anda seperti tahun 2020.

Seperti apa kita dilahirkan adalah takdir

Seperti apa kita bertumbuh adalah proses

Seperti apa kita di masa tua adalah keputusan

Dimulai dari keputusan hari ini , apa saja yang akan kamu lakukan ?

Anda bisa hubungi :

Yan – Asuransi Allianz

Whatsapp : 0821 8732 8732

Email : bahagia@berbahagia.com

http://www.berbahagia.com