Di tahun 2020 ini banyak rencana hidup kita yang tidak bisa kita jalankan .

Di tahun 2020 ini banyak hal hal sukacita yang kita tidak bisa nikmati karena kita tidak bisa melakukan pesta nikah , tidak bisa melakukan pesta ulang tahun , tidak bisa pulang kampung berkumpul dengan keluarga, tidak bisa merayakan hari raya dengan berkumpul bersama saudara saudara dan orang tua , tidak bisa melakukan wisata terutama wisata ke luar negeri untuk menghilangkan stress, tidak bisa merayakan kelulusan dengan berkumpul bersama teman teman , tidak bisa berkumpul dan reuni dengan teman teman, dan 101 hal hal sukacita yang tidak bisa kita lakukan di tahun 2020 .

Di tahun 2020 ini kita banyak yang manyun ,yang cemberut , yang pasrah karena penghasilan menurun . Yang jadi karyawan banyak yang dipotong gajinya antara 20 persen sampai yang paling parah 90 persen .

Di tahun 2020 banyak karyawan yang di PHK dan dirumahkan alias tidak digaji karena perusahaan tempatnya bekerja terpengaruh langsung efek pandemi covid 19.

Di tahun 2020 banyak pebisnis yang gulung tikar alias bangkrut , banyak pebisnis yang asetnya disita bank karena kredit macet , banyak pebisnis yang terjerat hutang dan berurusan dengan kasus hukum karena hutang yang timbul untuk membiayai bisnis yang tidak bisa dibayar.

Di tahun 2020 banyak yang kehilangan tabungan karena dana yang disimpan untuk tabungan hari tua di asuransi , di koperasi banyak yang tertahan , tidak bisa dikembalikan dan kalaupun dikembalikan dicicil seiprit demi seiprit sampai puluhan tahun.

Di tahun 2020 banyak yang kehilangan uang karena terjebak permainan piramida money game dengan iming iming keuntungan sampai 30 persen per bulan. Disaat lagi terjepit kondisi ekonomi, banyak yang akal sehatnya kalah oleh rasa serakah dan akhirnya kena zonk dan dana yang diinvestasikan lenyap tak berbekas.

Di tahun 2020 banyak yang mengalami duka karena anggota keluarga terkena covid 19 , banyak yang mengalami sakit yang bertambah parah karena menahan diri ke rumah sakit karena takut dengan pandemi covid 19.

Di tahun 2020 banyak yang stress dan depresi karena omzet menurun , laba turun bahkan rugi, gaji menurun , harus lebih banyak berdiam di rumah.

Di tahun 2020 , banyak manusia extrovert yang senang bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia harus berubah menjadi introvert dan menahan diri bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia.

Di tahun 2020 banyak yang harus merubah pola hidup dari melakukan konsumsi karena keinginan berubah menjadi melakukan konsumsi karena kebutuhan dikarenakan penghasilan menurun bahkan menurun drastis.

Di tahun 2020 banyak yang profesi pekerjaannya keren seperti pilot , pramugari, manajer hotel , manajer biro perjalanan wisata, manajer tempat wisata, manajer restoran , pemandu wisata yang harus beralih profesi melakukan pekerjaan atau bisnis yang jauh dari gengsi profesi mereka demi bertahan hidup.

Karena saking banyaknya hal hal normal yang tidak bisa dilakukan di tahun 2020 maka banyak harapan di awal tahun 2020 menjadi tidak tercapai , terbengkalai, tidak dapat dilakukan dan bahkan dibandingkan dengan tahun 2019 , tahun 2020 adalah tahun kemunduran dalam kehidupan bagi banyak orang.

Tahun 2020 disebut tahun yang hilang . Tahun 2020 adalah tahun yang tidak pernah ada dalam kehidupan kita, tahun yang ingin kita lupakan karena kita lebih banyak membaca berita berita negatif dan memperoleh berita berita negatif daripada berita berita positif. Lelah mental jauh lebih tinggi di tahun 2020 ini dibandingkan tahun manapun dalam kehidupan yang sudah kita jalani.

Pertanyaannya adalah apa yang anda akan lakukan di tahun 2021 ?

Bagi anda yang dipotong gajinya , apakah anda hanya pasrah dan tidak melakukan sesuatu diluar pekerjaan anda saat ini untuk memperbaiki penghasilan anda ?

Bagi anda yang di PHK dan dirumahkan , apakah anda hanya pasrah melakukan hal yang menghasilkan uang untuk sekedar bertahan hidup saja dan tidak mencari terobosan untuk memperoleh penghasilan yang sama besar dengan saat anda masih bekerja bahkan lebih besar lagi penghasilan daripada saat anda masih bekerja ?

Bagi anda yang bisnisnya menurun omzetnya dan labanya , apakah anda hanya pasrah nongkrongin bisnis anda yang makin hari makin suram dan tidak melakukan sesuatu yang menghasilkan uang yang bisa menutupi penurunan laba bisnis anda , bahkan menggantikan laba bisnis anda ?

Bagi anda yang bisnisnya bangkrut dan gulung tikar, apakah anda hanya pasrah melakukan hal hal yang sekedar menutupsi biaya hidup seperti menjadi karyawan , padahal jiwa anda adalah jiwa pebisnis yang selalu bebas waktu ? Tidakkah terpikir oleh anda untuk melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan lebih besar daripada sekedar bertahan hidup ?

Tahun 2021 akan segera kita jalani .

Tentukan pilihan hidup yang akan anda jalani .

Salah memilih , maka tahun 2021 akan menjadi tahun yang hilang juga bagi anda seperti tahun 2020.

Seperti apa kita dilahirkan adalah takdir

Seperti apa kita bertumbuh adalah proses

Seperti apa kita di masa tua adalah keputusan

Dimulai dari keputusan hari ini , apa saja yang akan kamu lakukan ?

Anda bisa hubungi :

Whatsapp  : 0897 3346 698

Email : bahagia@berbahagia.com

http://www.berbahagia.com