Anda sudah pensiun , anda bingung harus ngapain karena rutinitas kerja anda sehari hari mendadak hilang.
Ini adalah panduan untuk menjalani hidup pensiun :
*1. Saatnya untuk menggunakan uang yang  selama ini anda tabung. Gunakanlah uang tersebut dan enjoy. Jangan berikan kepada orang orang  yang tidak tahu pengorbanan dan kerja keras yang Anda lakukan ketika  menabungnya.
*2. Berhentilah khawatir  atas keadaan finansial anak-anak Anda dan jangan merasa bersalah jika memakai uang Anda untuk diri Anda sendiri. Anda telah merawat dan mengurus anak-anak  Anda selama ber-tahun-tahun  dan Anda telah mengajari mereka berbagai hal yang Anda tahu.  Anda beri mereka pendidikan, makanan, rumah dan juga segala dukungan. Saat ini adalah tanggung jawab mereka sendiri untuk menghasilkan penghasilan  dan biaya hidup mereka masing masing.
*3. Berupaya menjadi dan membiasakan hidup sehat.  Misalnya berjalan kaki setiap hari, berolah raga yang teratur dan terukur sesuai dengan usia Anda serta makan makanan yg sehat dan tidur yg cukup. Lakukan medical check up secara berkala.
*4. Lihatlah pemandangan yg bagus-bagus … gunung … pantai … taman bunga.
*5. Jangan gampang stress  atas hal-hal kecil. Jangan biarkan masa lalu membenamkanmu dan jangan biarkan masa depan membuatmu takut.
*6. Cintailah hidupmu  dan cintailah keluargamu …
*7. Rawatlah dirimu  dengan baik. Potong rambut, potong kuku, memakai minyak wangi, dll.
*8. Gunakanlah pakaian yang menarik dan sesuai usiamu.
*9. Selalu up to date mengikuti perkembangan jaman  dengan rajin membaca koran, majalah, dll, dan tetap bersosialisasi dengan org lain. Tetap berhubungan  dengan berbagai orang dengan aneka latar belakang.
*10.  Hargai generasi yang lebih muda dan hargai juga pendapat mereka. Mereka mungkin tidak memiliki ide yg sama dengan Anda, tetapi mereka adalah masa depan dan mereka yang akan mengelolanya. Beri mereka saran, bukan kritik. Dan coba ingatkan mereka bahwa hal-hal  yang baik pada masa lalu tetap berlaku pada masa sekarang.
*11. Hindari menggunakan kata-kata _”pada jaman saya dulu …”_
Karena waktu Anda adalah sekarang … Sepanjang Anda masih hidup, maka Anda adalah bagian dari masa kini. Mungkin dulu anda masih muda, tapi itu sudah  lewat meskipun Anda masih ada. Karena itu ber-senang-senanglah dan nikmati kehidupan.
*12. Ada orang yang menikmati dan menerima masa tuanya.
Ada pula orang yang menjadi sinis, masam dan penuh kepahitan terhadap orang lain.
Hidup ini singkat. Habiskan dengan orang-orang yang positif, ceria, dan bersemangat. Hal ini akan membuat hari-harimu terasa menyenangkan.  _Menghabiskan waktu dengan orang yang sinis, suka mengkritik dan suka berargumentasi, akan  membuatmu menjadi tua dan sulit untuk disukai._
*13. Jangan tinggal dengan anakmu atau cucumu.
(optional/pilihan alternatif). Berkumpul bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan. Namun Anda butuh privacy, demikian juga mereka.
*14. Jangan abaikan hobi Anda.*
Jika tidak punya, coba cari kegiatan yang Anda sukai. Anda bisa traveling, mancing, memasak, membaca, menyanyi, dll. Anda bisa berkebun, main kartu, main catur, main billiard, melukis, dll.
*15.  Walaupun mungkin anda tidak begitu suka, tapi coba datang di setiap undangan :* Ulang tahun, pernikahan, dll. Keluarlah dari rumah. Temui orang – orang  yang jarang anda temui. Rasakanlah hal-hal baru. Pergi ke museum, jalan-jalan  di perkebunan, dll.
*16. Coba untuk sedikit bicara dan banyak mendengar …*
Kalau bisa … 😜
Ada orang yg terus menerus bicara tentang masa lalu dan tidak peduli bahwa pendengarnya tidak tertarik. Dengarkan dulu, dan jawab pertanyaan, tetapi jangan menjawab terlalu panjang. Jangan biasakan untuk mengeluh atau mengkritik. Latihlah untuk menerima situasi apa adanya. Biasakan untuk melihat hal positif dalam setiap keadaan dan biasakan mengatakan hal-hal yg baik.
17.  Rasa sakit dan rasa tidak nyaman suka datang ber-sama-sama  ketika kita makin tua. *Upayakan untuk tidak terbenam* dalam hal itu, namun coba terima sebagai bagian dari lingkaran kehidupan. Jangan biarkan rasa sakit dan tidak nyaman menjadi fokus Anda.
18. Jika Anda diserang atau disepelekan oleh orang lain – *Maafkan mereka.*
Jika Anda menyerang atau menyepelekan orang lain – *Minta maaf.*  Jangan biarkan rasa benci menyelimutimu. Itu hanya akan membuat anda sedih dan penuh kepahitan. Tidak penting siapa yg benar.
_Ada pepatah mengatakan *”Menyimpan rasa jengkel/kesal itu seperti meminum racun tapi berharap orang lain yg mati”*_ Jangan ambil racun itu. Maafkan, lupakan, dan teruskan hidup Anda.
19. Jika Anda punya keyakinan yang kuat atas suatu hal, peganglah. Namun jangan buang waktu Anda untuk meyakinkan orang lain.*  Mereka akan memilih  pilihan mereka sendiri walau apapun yang Anda katakan. Memaksakan keyakinan Anda hanya akan membuat Anda frustrasi.
*Hiduplah dengan keyakinan Anda dan berikan contoh.*
*20. Tertawalah yang sering dan tertawalah atas apapun.* Ingatlah, Anda termasuk orang yang beruntung. Anda telah hidup cukup lama. Banyak yang tidak mencapai usia ini. Carilah humor di setiap situasi.
*21. Tidak usah terlalu memperhatikan apa yang dikatakan orang lain tentang diri Anda dan juga yang dipikirkan org lain tentang Anda. Anda harus bangga terhadap diri Anda dan pencapaian yang Anda lakukan.
_Tetap Semangat, Selalu Sehat !_

Jika anda sudah pensiun , jangan coba coba berbisnis di bisnis yang bukan bidang yang anda kuasai. Jangan juga iseng membeli franchise karena sebagian besar franchise tetap membutuhkan si pembeli franchise untuk terlibat dan mengerti bidang bisnis franchise yang dibeli , kalau tidak pasti gagal.

Kalau anda ingin mencoba berinvestasi , anda jangan berinvestasi di angka ratusan juta rupaih.

Anda dapat berinvestasi dengan hanya 10 juta rupiah saja , hanya keluar 10 juta rupiah saja satu kali seumur hidup tanpa ada embel embel biaya lain lagi seumur hidup dan hasil investasi dari 10 juta rupiah anda akan menghasilkan terus menerus seumur hidup anda dan dapat diwariskan ke anak dan cucu anda.

Jika Anda sebagai Pensiunan tertarik , anda dapat menghubungi :

Whatsapp  : 0897 3346 698

Line : berbahagia.com

Email : bahagia@berbahagia.com

http://www.berbahagia.com

Mau tahu apa itu berbahagia.com , silahkan klik ke :

https://berbahagia.com/tentang-berbahagia-com